Profil Biodata Michael Hartono - Co Owner Djarum Group

Profil Biodata Michael Hartono - Co Owner Djarum Group

Nama lengkapnya Michael Hartono adalah Michael Bambang Hartono, sedang nama aslinya adalah Oei Hwie Siang. Robert Budi Hartono adalah adik Michael, atau bernama asli Oei Hwie Tjhong. Mereka berdua mewarisi perusahaan rokok raksasa PT Djarum Kudus, setelah ayah mereka, Oewi Wie Gwan, meninggal dunia. Kondisi perusahaan pada waktu itu dalam keadaan hancur karena baru saja terkena musibah kebakaran. Namun, di tangan Michael dan Robert, kini PT Djarum menjadi salah satu perusahaan rokok raksasa yang sayapnya melebar ke pasar internasional.


Ternyata, banyak sekali orang Indonesia yang sukses dalam karir sehingga banyak orang dari seluruh dunia berdecak kagum terhadapnya. Salah seorang yang masuk ke dalam daftar orang terkaya didunia versi majalah Forbes adalah orang Indonesia. Beliau dikenal dengan nama Michael Hartono. Saat ini beliau berumur 72 tahun. Pria yang jago berbisnis ini berasal dari sebuh kota kecil di Jawa Tengah yang bernama Kudus. Beliau sudah berkecimpung dalam bisnis rokok dan perbankan selama puluhan tahun. Walaupun rokok masih menjadi hal yang diperdebatkan di Indonesia, tapi ternyata hal ini dapat memberikan kekayaan yang berlimpah kepada beliau. Michael Hartono adalah orang yang mampu membuat rokok menjadi sumber kekuatan ekonominya selain perbankan. Pria dengan 4 orang anak ini pemilik perusahaan rokok kretek yang terkenal di Indonesia. Nama rokok kretek yang terkenal itu adalah Djarum.

Karir beliau sebagai seorang pebisnis memang tidak selalu mulus. Kejadian buruk pun pernah dialaminya secara berturut-turur. Satu kejadian yang hampir membuatnya gulung tikar. Pada sekitar tahung 1960an, pabrik rokoknya terbakar habis. Lalu ayahnya yang telah mendirikan pabrik tersebut meninggal dunia. Bersama dengan adiknya, Robert Budi Hartono, beliau berusaha mempromosikan produk dari perusahaannya ke luar negeri. Sekarang, Djarum menjadi produk rokok yang diminati di Amerika Serikat. Hal ini menyebabkan dirinya menjadi orang paling kaya di Indonesia dengan menghasilkan harta berlimpah yang berjumlah kurang lebih 14 miliar Dollar AS. Selain berbisnis rokok, beliau adalah seorang yang sangat berperan dalam bisnis perbankan. Beliau memiliki saham yang besar di Bank Central Asia. Beliau memiliki 51 persen saham disana. Perkembangan sektor perbankan tentu saja memberikan pengaruh yang baik terhadap pertumbuhan saham mereka. Ada banyak lagi bisnis penting yang dipegang oleh beliau. Perkebunan sawit di daerah Kalimantan Barat adalah salah satu ladang investasinya. Dengan luas kebun sekitar 65.000 hektar, beliau pasti mampu meraup keuntungan yang sangat besar. Grand Indonesia pun adalah salah satu properti milik beliau.

Bersama adiknya, Budi Hartono, beliau mampu mengumpulkan kekayaan yang berlebih dari bisnis rokok, perbankan dan properti. Pengelolaan yang baik oleh beliau menghasilkan keuntungan yang sangat besar sekali. Walaupun rokok adalah barang yang masih menjadi kontroversi di Indonesia, beliau masih bisa mencari celah lain untuk menghasilkan uang yang berlimpah. Ditambah lagi, Djarum bukanlah satu-satunya pemain di industri rokok Indonesia. Masih banyak sekali merek-merek ternama yang bersaing memperebutkan konsumen. Namun, hal ini tetap tidak menggoyahkan Djarum. Kekayaan yang beliau kumpulkan memang bukan saja berasal dari rokok. Ada beberapa bisnis lagi yang beliau lakukan agar beliau masih bisa menikmati kerja kerasnya sepanjang hidupnya.

R Budi dan Michael Hartono

  • Kekayaan: US$ 15 miliar
  • Peringkat 1 orang terkaya di Indonesia
Duo bersaudara, R Budi dan Michael Hartono menempati urutan pertama orang terkaya di Indonesia selama 5 tahun terakhir.

Ia memiliki bank swasta terbesar di Indonesia yakni Bank Central Asia. Anak Budi Hartono, Armand menjadi direkturnya sejak 2009.

Sekian update informasi kali ini seputar Profil Biodata Lengkap Michael Hartono - Co Owner Djarum Group. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi anda semua. Salam.

Belum ada komentar untuk "Profil Biodata Michael Hartono - Co Owner Djarum Group"

Post a Comment

Back to Top