10 Tips Memilih Bank Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) 2014

10 Tips Memilih Bank Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) 2014
Orangterkaya-id.blogspot.com - Pinjaman dalam bentuk Kredit Tanpa Agunan(KTA) sekarang ini cukup populer di mata masyarakat Indonesia karena pada pinjaman jenis ini tidak diperlukan agunan atau jaminan dalam bentuk aset. Meskipun begitu tidak semua pengajuan KTA disetujui karena ada beberapa proses yang harus dilalui oleh calon debitur.
Faktor penting dalam pengajuan Kredit Tanpa Agunan adalah menentukan Bank mana yang akan dijadikan tempat mengajukan KTA. Mengapa? Karena pada dasarnya setiap Bank di Indonesia memiliki regulasi yang berbeda-beda dalam pengajuan KTA. Bagi para calon debitur harus giat mencari informasi-informasi berikut sebelum menentukan Bank yang tepat untuk pengajuan KTA.
Bagaimana cara mengajukan kredit tanpa agunan (KTA)? Berikut ini ada beberapa tips agar pengajuan KTA yang Anda lakukan bisa disetujui oleh bank. Sepeti dikutip dari uanganda.or.id dan Imoney.co.id berikut tipsnya:
1. Tentukan Bank
Pertama-tama tentu Anda harus memilih bank mana yang akan menjadi tujuan mengajukan KTA. Tiap bank bisa berbeda dalam persyaratan pengajuan kredit serta limit kredit yang diberikan. Oleh karena itu, Anda perlu memilih bank yang persyaratannya bisa Anda penuhi. Serta limit kredit yang diberikan sesuai dengan harapan Anda.
2. Kenali Biaya Pengajuan KTA Beserta Bunga Pinjaman
Pada Kredit Tanpa Agunan ada beberapa jenis biaya yang harus diketahui calon debitur ketika mulai mengajukan KTA yang nantinya akan dibebankan pada calon debitur. Biaya-biaya tersebut antara lain: Bunga Kredit, Biaya Provisi, Biaya Keterlambatan, Biaya Pelunasan yang Dipercepat, dan Biaya Asuransi. Besaran biaya-biaya tersebut berbeda di setiap Bank sehingga calon debitur harus aktif mencari informasi mengenai biaya tersebut. Semakin rendah biaya yang harus dibayarkan makan pinjaman tersebut akan semakin efektif. Sebagai contoh untuk KTA Bank Mandiri mengenakan biaya 2-3% dari limit kredit.
3. Ketahui Limit Pinjaman
Seperti yang telah dijelaskan diawal bahwa setiap Bank memiliki regulasinya sendiri mengenai pengajuan Kredit Tanpa Agunan dan hal itu berlaku juga pada seberapa besar calon debitur bisa mengajukan pinjaman. Sebelum mengajukan pinjaman KTA ada baiknya Anda mengetahui secara jelas berapa dana yang Anda butuhkan sehingga nantinya akan memudahkan Anda memilih Bank yang tepat untuk mengajukan KTA.
Untuk memudahkan Anda berikut limit pinjaman Kredit Tanpa Agunan dari beberapa Bank yang ada di Indonesia.
KTA Bank Mandiri: ~ Rp. 200 juta
BNI Fleksi: Rp. 5-50 juta (payroll tidak melalui BNI) dan Rp. 100 juta (payroll melalui BNI)
Danamon Dana Instant: ~ Rp. 300 juta
CIMB Niaga X-Tra Dana: Rp. ~ Rp. 200 juta
KTA Permata Bank: ~ Rp. 300 juta
4. Ketahui Jangka Pinjaman
Sama halnya dengan jumlah pinjaman Kredit Tanpa Agunan yang setiap bank berbeda-beda, untuk jangka pinjaman juga bervariasi setiap banknya. Namun karena tidak adanya faktor jaminan biasanya Bank mensyaratkan maksimal peminjaman yaitu 5 tahun untuk KTA.
Tips untuk Anda yang akan mengajukan KTA walaupun Bank memberikan keleluasaan pinjaman maksimal 5 tahun, sebaiknya pilihlah jangka waktu yang terpendek agar Anda tidak terlalu terbebani oleh biaya pengembaliannya.
5. Punya Kartu Kredit Lebih Mendukung
Akan lebih mudah bagi bank untuk meloloskan kredit tanpa agunan yang Anda ajukan jika sebelumnya Anda sudah memiliki kartu kredit. Sebab bank bisa melacak history kredit Anda selama ini. Pastikan juga tagihan kartu kredit Anda selama ini lancar. Usia kartu kredit tersebut sebaiknya minimal satu tahun.
6. Persiapkan Syarat-syarat
Siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan KTA. Syarat-syarat dari bank untuk pengajuan KTA biasanya seperti fotokopi KTP, fotokopi kartu kredit, fotokopi NPWP, slip gaji (jika karyawan) atau fotokopi SIUP (jika punya usaha). Oh ya, sebaiknya Anda memiliki nomor telepon rumah untuk pengajuan KTA ini. Sebab biasanya bank akan menghubungi Anda lewat telepon rumah.
7. Datangi Bank atau Ajukan via Online
Datangi bank yang menjadi tujuan Anda untuk mengajukan KTA. Isi formulir dan sertakan persyaratan yang dibutuhkan. Saat mengisi formulir, isi sesuai fakta yang sebenarnya. Atau Anda bisa coba juga untuk mengajukan KTA secara online. Saat ini banyak bank yang sudah menyediakan fasilitas pengajuan KTA lewat internet.
8. Konfirmasi Kembali
Jika Anda melakukan pengajuan KTA secara online, setelah memasukkan formulir KTA lewat online itu sebaiknya Anda konfirmasikan kepada pihak bank. Tujuannya agar mereka bisa melakukan proses untuk pengajuan KTA yang Anda masukkan.
9. Verifikasi dan Survei
Bank akan mengabari Anda dan melakukan verifikasi. Wawancara bisa dilakukan secara langsung atau lewat telepon. Verifikasi ini untuk mengecek kelangkapan persyaratan untuk pengajuan KTA. Bank kemudian akan melakukan survei ke rumah atau kantor Anda. Karena itu sebaiknya nomor telepon yang Anda masukkan dalam formulir harus selalu aktif.
10. Tunggu Kabar
Tunggulah kabar baik dari bank. Mereka akan menginformasikan apakah KTA yang Anda ajukan disetujui atau tidak. Jika disetujui, maka Anda bisa lakukan pencairan dana yang akan Anda pinjam.
Itulah langkah-langkah untuk mengajukan KTA. Mau mencobanya? Sekian update informasi kali ini seputar Tips Memilih Bank dan Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) Terbaik. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi anda semua. Salam.
at 4:58 PM

Belum ada komentar untuk "10 Tips Memilih Bank Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) 2014"

Post a Comment

Back to Top