Pekerjaan Gaji Tertinggi & Terendah Fresh Graduate di Indonesia 2014

Pekerjaan Gaji Tertinggi & Terendah Fresh Graduate di Indonesia 2014

Orangterkaya-id.blogspot.com - Memiliki gaji tinggi pada level profesi fresh graduate? Hal ini mungkin menjadi impian semua orang yang baru lulus kuliah dan mencari pekerjaan pertamanya. Terkadang karena dianggap belum memiliki pengalaman yang cukup, seorang fresh graduate memiliki gaji di bawah rata-rata meskipun tidak semua mengalami hal yang sama. Ada beberapa faktor yang berpengaruh pada besar kecilnya gaji, salah satunya adalah jenis profesi yang diambil. 


Berikut 5 profesi yang memiliki gaji paling besar dan juga paling kecil untuk para fresh graduate terbaru 2014 seperti dilansir dari Imoney.co.id.

Gaji Fresh Graduate Tertinggi
1.  Petroleum Engineer
Sudah menjadi rahasia umum jika lulusan dari jurusan teknik perminyakan memiliki standar gaji paling tinggi, salah satunya yang berprofesi sebagai petroleum engineer. Berdasarkan salah satu situs penyedia lowongan kerja, profesi petroleum engineer memiliki standar gaji awal minimal Rp 5 juta. Di perusahaan nasional seperti PT Pertamina Hulu Energi, mereka umumnya mendapatkan standar gaji sebesar Rp 7,5 juta, sedangkan untuk perusahaan minyak internasional seperti Chevron dan Exxon, standar gaji untuk para pemula bisa mencapai lebih dari Rp 10 juta/bulan.

2.  Ahli Geologi
Bekerja sebagai ahli geologi menjanjikan gaji yang cukup besar. Sama dengan petroleum engineer, ahli geologi juga memiliki standar gaji fresh graduate paling tinggi yaitu minimal Rp 5 juta. Tidak banyaknya ahli geologi di Indonesia membuat para lulusan berprestasi dari jurusan ini umumnya langsung direkrut oleh perusahaan tambang, apalagi jika berasal dari perusahaan asing.

3.  Management Trainee di Bank
Selain profesi pertambangan dan perminyakan, ada anggapan dalam masyarakat Indonesia yang menyatakan bahwa jika menginginkan gaji tinggi orang sebaiknya melamar pekerjaan di bank. Stereotip tersebut memang benar khusunya bagi para fresh graduate yang masuk dalam program management trainee di bank. Rata-rata mereka bisa mengantongi gaji Rp 4-5 juta per bulan dan itu pun belum termasuk bonus.

4.  Auditor
Bagi para lulusan di bidang ekonomi akuntansi, berprofesi sebagai seorang auditor merupakan impian mereka. Tidak heran karena rata-rata fresh graduate auditor berkisar antara 5 hingga 7 juta rupiah per bulannya, terutama bagi mereka yang bekerja sebagai internal auditor di sebuah perusahaan asing yang gajinya dapat mencapai Rp 10 juta per bulan.

5.  Engineer
Profesi ini sebenarnya memiliki wilayah kerja yang cukup luas karena dapat ditemukan di perusahaan telekomunikasi, listrik, hingga layanan penerbangan. Gaji yang ditawarkan untuk level fresh graduate pun cukup menjanjikan yakni di atas Rp 5 juta per bulan, itu pun tergantung di perusahaan mana ia bekerja.

Gaji Terendah Fresh Graduate
1.  Creative Staff
Bekerja di industri televisi di Indonesia memang sangat menggiurkan, karena sifat pekerjaannya yang dinamis dan banyak tantangan. Namun di balik gemerlap dunia pertelevisian Indonesia, gaji para pegawainya khususnya di tingkat fresh graduate sangatlah kecil, salah satunya adalah bagian creative staff. Salah satu stasiun TV swasta Indonesia memberi gaji para creative fresh graduatenya di bawah Rp 2 juta. Gaji tersebut termasuk di bawah rata-rata karena jam kerjanya yang tidak menentu dan tekanan kerjanya yang tinggi.

2.  Reporter
reporterMasih berada pada lingkup media informasi, menjadi seorang reporter pemula di media online juga banyak memiliki suka-duka. Gaji yang minim, jam kerja yang tidak menentu dan stres sudah menjadi makanan sehari-hari. Dengan penghasilan rata-rata di bawah Rp 2 juta per bulannya, mereka harus tetap bisa menghasilkan sebuah berita yang maksimal.

3.  Sales
Profesi sales marketing ini sebenarnya cukup penting karena dari merekalah produk sebuah perusahaan bisa dipasarkan, namun entah mengapa profesi ini termasuk salah satu profesi bergaji kecil di Indonesia. Rata-rata sales di level fresh graduate memiliki gaji Rp 2,4 juta per bulan dengan catatan biasanya mereka dapat mendapat bonus lebih jika hasil penjualan menguntungkan.

4.  Graphic Designer
Mendengar nama profesi graphic designer sepertinya terlihat keren dan langsung terbayang gaji yang tinggi tetapi kenyataannya di Indonesia gaji awal untuk profesi ini hanya berkisar Rp 2,5 juta per bulan. Tetapi ada kalanya para graphic designer ini mengerjakan proyek tersendiri di luar perusahaan tempatnya bekerja sehingga ia dapat memperoleh tambahan dari proyek sampingan tersebut yang jumlahnya dapat mencapai 2-3 kali lipat dari gaji pokoknya.

5.  Customer Service Officer
Bekerja di bagian layanan pelanggan tidaklah mudah karena tugasnya langsung menangani berbagai masalah yang dihadapi oleh para pengguna jasa perusahannya. Rata-rata gaji para customer service officer ini hanya berkisar Rp 2 juta per bulan sehingga mereka kadang mengandalkan bonus (jika ada) untuk dapat meningkatkan taraf hidup mereka.

Sekian update informasi kali ini seputar Pekerjaan Gaji Tertinggi & Terendah Fresh Graduate di Indonesia Terkini 2014. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi anda yang sedang mencari pekerjaan atau bahkan yang sedang bingung memilih jurusan kuliah. Salam.
at 7:35 AM

Belum ada komentar untuk "Pekerjaan Gaji Tertinggi & Terendah Fresh Graduate di Indonesia 2014"

Post a Comment

Back to Top