Laporan Keuangan: Pengertian, Tujuan dan Langkah Membuatnya Lengkap 2016


Laporan keuangan adalah hasil akhir proses pencatatan yang terdiri dari berbagai transaksi keuangan dalam periode waktu tertentu. Standar Akuntansi Keuangan menyatakan bahwa laporan keuangan merupakan bagian dari pelaporan keuangan.
Artinya, laporan keuangan dan pelaporan keuangan merupakan dua hal yang berbeda.
Laporan keuangan yang lengkap biasanya terdiri dari neraca laporan perubahan posisi kas, serta catatan lainnya yang berhubungan dengan informasi keuangan, seperti pengaruh perubahan harga. Sementara, pelaporan keuangan merupakan segala aspek yang berkaitan dengan ihwal penyampaian informasi keuangan.

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

  1. Sofyan S. Harahap mengungkapkan bahwa laporan keuangan merupakan laporan yang menggambarkan kondisi keuangan serta hasil usaha dari sebuah perusahaan pada periode tertentu. Laporan keuangan juga dapat menjadi gambaran kapabilitas sebuah perusahaan, apakah perusahaan tersebut dalam kondisi manajemen yang baik atau tidak. Di samping itu, adanya laporan keuangan juga sangat membantu perusahaan untuk menentukan kebijakan ekonomi bagi pihak internal maupun eksternal perusahaan tersebut.
  2. Munawir berpendapat bahwa yang dimaksud laporan keuangan ialah data historis yang juga merupakan laporan kemajuan suatu perusahaan. Lebih lanjut lagi beliau memaparkan bahwa laporan keuangan terdiri dari data yang merupakan kombinasi fakta-fakta, prinsip keuangan, kebiasaan dalam akuntansi, serta pendapat pribadi.
  3. Zaki Baridwan menyatakan bahwa laporan keuangan merupakan rangkuman transaksi keuangan yang terjadi selama satu periode buku yang bersangkutan.

Definisi Laporan Keuangan Berdasarkan Wikipedia:

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi : Neraca.

Karakteristik Laporan Keuangan

Karakteristik Laporan Keuangan
Karakteristik kualitatif laporan keuangan meliputi segala data, informasi, serta ciri khas proses penyusunan laporan keuangan itu sendiri. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan menjabarkan empat karakteristik kualitatif dari laporan keuangan:
  1. Dapat Dipahami
Laporan keuangan harus dapat memberikan informasi yang dapat dipahami oleh seluruh orang yang menggunakan laporan tersebut.
  1. Relevan
Agar dapat dimanfaatkan oleh seluruh pengguna laporan keuangan, data yang dimuat dalam laporan harus relevan dan merefleksikan keadaan perusahaan dalam periode tertentu.
  1. Keandalan
Sebuah laporan keuangan dapat dikatakan memiliki kualitas yang andal jika di dalamnya terdapat informasi yang tidak menyesatkat serta bebas dari kesalahan material.
  1. Dapat Dibandingkan
Para pengguna laporan keuangan harus dapat membandingkan laporan keuangan periode sekarang dengan periode sebelumnya untuk mengidentifikasi posisi keuangan perusahaan.

Tujuan Laporan Keuangan

Tujuan Laporan Keuangan
Menurut Prinsip Akuntansi Indonesia (PAI), terdapat lima tujuan umum laporan keuangan, antara lain:
  1. Memberikan informasi keuangan yang kredibel berkaitan dengan aktiva dan kewajiban keuangan suatu perusahaan.
  2. Memberikan informasi yang dapat dipercaya mengenai perubahan aktiva neto perusahaan akibat kegiatan operasional untuk mendapatkan laba.
  3. Memberikan informasi keuangan kepada para analis keuangan perusahaan untuk dapat memperkirakan potensi perusahaan dalam rangka memperoleh laba sebanyak-banyaknya.
  4. Memberikan informasi penting terkait laporan aktiva perusahaan serta aktivitas transaksi investasi.
  5. Memberikan gambaran umum mengenai kebijakan keuangan yang dianut suatu perusahaan.
Standar Akuntansi Keuangan juga turut memberikan pendapatnya mengenai tujuan laporan keuangan, di antaranya sebagai berikut:
  1. Laporan keuangan bertujuan untuk menyediakan informasi atau gambaran yang berkaitan dengan kinerja keuangan sebuah perusahaan yang bermanfaat bagi para pemakai laporan serta pihak yang berwenang untuk membuat kebijakan perusahaan.
  2. Laporan keuangan disusun demi kebutuhan bersama pemakainya yang secara tidak langsung memiliki pengalaman atau gambaran mengenai kondisi keuangan perusahaan di masa lalu sehingga dapat mempermudah para pemakai laporan untuk memutuskan kebijakan keuangan yang tepat.
  3. Laporan keuangan menggambarkan aktivitas keuangan apa saja yang dilakukan oleh manajemen serta pertanggungjawaban pihak manajemen atas.

Fungsi Laporan Keuangan

Fungsi Laporan Keuangan
Laporan keuangan memegang peranan vital dalam sebuah perusahaan. Berikut ini merupakan penjabaran dari fungsi dan manfaat laporan keuangan:
  1. Menyusun Perencanaan Aktivitas Perusahaan
Laporan keuangan pada dasarnya memberikan gambaran mengenai kapabilitas perusahaan untuk melaksanakan kegiatan operasional demi tercapainya tujuan perusahaan.
  1. Mengendalikan Perusahaan
Selain memberikan gambaran mengenai kondisi keuangan perusahaan, laporan keuangan juga bertindak sebagai bahan pertimbangan para pembuat kebijakan untuk menyusun kebijakan apa yang tepat untuk perusahaannya. Contohnya, jika perusahaan memiliki jumlah piutang yang tertunggak, maka pihak perusahaan dapat mengantisipasi dengan mengurangi penjualan kredit atau meningkatkan penagihan.
  1. Bahan Pertimbangan dan Pertanggungjawaban Pihak Eksternal Perusahaan
Perusahaan manapun pasti menjalin kerja sama dengan pihak lain di luar perusahaan, seperti para investor dan bank. Laporan keuangan berfungsi sebagai bahan pertimbangan bagi para investor untuk menentukan sikap dan keputusan tepat berkaitan dengan kegiatan investasinya di perusahaan yang bersangkutan. Laporan keuangan juga dapat memberikan perkiraan mengenai tanggungan pajak yang ditetapkan terhadap perusahaan.

Pengguna Laporan Keuangan

Pengguna Laporan Keuangan
Laporan keuangan merupakan pedoman bagi para pengguna laporan serta pembuat kebijakan untuk menentukan sikap atas segala hal yang berkaitan dengan tujuan perusahaan. Lantas, siapa sajakah para pengguna laporan keuangan tersebut?
  1. Investor
Para penanam modal alias investor memiliki kepentingan untuk mengetahui laporan keuangan perusahaan tempat mereka menanamkan modalnya. Laporan keuangan dapat membantu para investor untuk membuat keputusan apakah mereka harus membeli atau menjual investasi tersebut.
  1. Karyawan
Laporan keuangan juga dapat memberikan gambaran mengenai stabilitas keuangan perusahaan kepada para karyawannya. Melalui laporan keuangan, para karyawan dapat memperkirakan serta menilai kemampuan perusahaan dalam memberikan upah, kesempatan kerja, dan manfaat pensiun.
  1. Pemerintah
Pemerintah melalui lembaga-lembaga yang mewakilinya juga memiliki hak untuk mengetahui laporan keuangan suatu perusahaan. Hal tersebut berkaitan dengan alokasi sumber daya serta menetapkan kebijakan pajak yang harus dikenakan terhadap perusahaan yang bersangkutan.
  1. Pemasok dan Kreditur Usaha
Para pemasok dan kreditur usaha tertarik untuk menggunakan laporan keuangan agar dapat memastikan jumlah dana yang terhutang dapat dibayarkan perusahaan tepat ketika jatuh tempo.
  1. Pelanggan
Pelanggan berkepentingan untuk menggunakan kaporan keuangan terutama jika mereka terlibat dalam perjanjian jangka panjang dengan perusahaan. Laporan keuangan juga dapat memberikan gambaran kepada para pelanggan mengenai keberlangsungan hidup perusahaan yang bersangkutan.

Cara Membuat Laporan Keuangan

Cara Membuat Laporan Keuangan
Membuat laporan keuangan sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Pembuatan laporan keuangan yang harus dilakukan dengan detil dan saksama. Berikut ini merupakan beberapa aspek yang harus disertakan dalam laporan keuangan sederhana:
  1. Neraca Saldo
Neraca saldo baru boleh disusun apabila seluruh jurnal sudah dimasukkan ke dalam buku besar dengan perhitungan debit dan kreditnya. Hal tersebut dilakukan demi memperoleh keseimbangan neraca debit dan kredit dari seluruh rekening dalam buku besar.
  1. Pengumpulan Data
Pengumpulan data dibuat untuk memastikan tidak ada data yang tertinggal maupun invalid. Namun, apabila pengumpulan data telah diselesaikan dan terdapat data yang tidak sesuai, maka jurnal penyesuaian pun perlu dibuat.
  1. Neraca Lajur
Neraca lajur disebut juga sebagai worksheet atau kertas kerja. Neraca lajur disusun untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan sekaligus menyesuaikan neraca saldo dengan jurnal penyesuaian.
  1. Laporan Laba dan Rugi
Laporan laba-rugi dapat disusun berdasarkan neraca lajur. Di neraca lajur harus terdapat laporan laba-rugi, serta laporan perubahan modal, sehingga laporan laba-rugi akan lebih mudah untuk dibaca.
  1. Tutup Buku
Setelah seluruh proses penyusunan laporan keuangan selesai, maka kita dapat menutup buku dan menuliskannya dalam BKU (Buku Kas Umum).

Contoh Makalah Laporan Keuangan

Dalam pembuatan artkel berikut ini, admin mengutip informasi dari beberapa website luar. Beberapa makalah laporan keuangan di bawah ini dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang laporan keuangan:
*** Sumber: Sayanda.com
Demikianlah update informasi kali ini semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta dapat menjadi referensi anda semua yang sedang belajar membuat contoh laporan keuangan. Salam
at 5:09 PM

5 comments:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    ReplyDelete
  3. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum Wr,Wb.
    Saya dari IBU SOLIMAH DI MAJALENGKA bersyukur bahwa saya masih bisa di beri kesempatan untuk menulis dan berbagi kepada teman-teman melalui Situs/web ini,bahwa dulunya saya adalah seorang pengusaha dibidang matterial, dan sekarang saya terpaksa gulung tikar akibat di tipu teman sendiri,ditengah tagihan utang yang menumpuk,istri pun meninggalkan saya,ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja,dan secara gak sengaja saya liat situs pesugihan MBAH KASURI, awalnya saya ragu dan gak percaya tapi setelah saya lihat pembuktian MBAH KASURI di Situs/webnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk MBAH saya ikuti dan hanya 3 jam beliau laksanakan pesugihan dana gaib untuk saya,Alhamdulilah Ternyata benar-benar terbukti dan dana 3 Miliar yang saya minta benar-benar ada di tangan saya, semua utang saya pada lunas dan sisanya buat modal usaha, kata-kata beliau yang selalu saya ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka gak tau atau salah jalan.Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir dari tuhan.maksudnya takdir macam apa? bahwa tuhan gak perna memberi takdir yang buruk terhadap kita,semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian bahwa seberapa kuat kita bertahan di dalamnya. Tuhan gak akan merubah nasib kita jika kita gak bisa berusaha untuk merubahnya.
    Dan satu hal yang perlu kita ingat,“Bahwa jika kita terlahir miskin itu bukan salah siapapun,namun jika kita mati miskin itu merupakan salah kita.”karena kita terlahir didunia ini di beri kesempatan untuk berusaha agar tetap jadi orang yang sukses.dan saran ini saya dapat dari beliau bermanfaat sekali bagi saya makasih ya MBAH atas semua saran anda MBAH sekali lagi saya sangat berterimakasih kepada MBAH KASURI dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KASURI di nomer ini
    Hp: 0853 4646 0388 /
    WhatsApp(Wa): 0822 9348 1889,
    Atau Silahkan ««KLIK DISINI»»
    saya juga gak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karena melalui MBAH KASURI saya Bisa sukses.Jadi teman-teman yang dalam kesusahan jangan pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan asal kita masih mau berusaha, MBAH KASURI Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat,Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.

    ReplyDelete
  5. JADIKAN AGEN KAMI MENJADI FAVORIT ANDA ,
    AYOO BERGABUNG BERSAMA RIBUAN MEMBER KAMI YANG LAINNYA
    HANYA DI HTTP :// WWW.ARENA-DOMINO.COM
    BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0,3 % SETIAP MINGGUNYA .
    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di: WA : [+855]964967353

    ReplyDelete

Back to Top